8 Hal Yang Perlu Disiapkan Untuk Mudik Liburan Lebaran

close

Libur telah tiba.. Hore, hore, hore.

Mudik sudah menjadi tradisi di negara kita. Selepas puasa Ramadhan, ribuan atau jutaan orang berbondong-bondong kembali ke daerah asal mereka. Beragam cara yang mereka lakukan untuk pulang mudik tersebut. Ada yang memilih menggunakan kendaraan pribadi namun ada juga yang menggunakan kendaraan umum.

Liburan akhir tahun pelajaranpun juga sudah dekat. Destinasi liburan yang menjadi pilihan beragam. Blusukan ke daerah terpencil atau sekedar mengunjungi tempat wisata yang sudah dikelola dengan baik. Kemanapun tujuan wisata dan tujuan mudik, keduanya memerlukan persiapan matang yang berguna untuk membantu kemudahan dan kenyamanan perjalanan.

Pastinya kita tidak ingin pada saat berada di tengah perjalanan, tiba-tiba ingat beberapa barang tertinggal. Hal tersebut sangat tidak nyaman. Mau lanjut saja, kepikiran, tapi jika mau muter untuk ambil, udah jauh atau ngga mungkin. Itulah gunanya prepare atau bersiap sebelum eksekusinya.

Yang Perlu Disiapkan Untuk Mudik Liburan Lebaran

– Mempersiapkan Kebutuhan : perlu dan tidak perlu dibawa.

Coba dilihat lagi tujuan melakukan perjalanan. Tentukan mana yang perlu dibawa dan mana yang tidak perlu dibawa. Kita tidak bisa membawa semua yang kita miliki. Pilih yang penting dan perlu saja.

– Pentingnya membawa obat

Meski tidak memiliki alergi apapun, membawa obat adalah penting untuk menjaga diri sendiri. Apalagi bepergian dalam rombongan, bisa jadi justru berguna bagi orang lain. Obat-obat yang perlu dibawa antara lain : obat anti masuk angin, sakit kepala, asma, alergi, anti mabuk, dan lainnya.

– Ketahui jalur mudik atau rute wisata yang akan dilalui.

Sebelum berangkat, ketahui terlebih dahulu jalur atau rute, jika perlu medan jalan yang akan ditempuh. Bisa dengan bertanya kepada teman yang pernah mengunjunginya, atau melalui Google Maps, atau referensi dari blog. Penting juga mengetahui rute alternatifnya. Hal tersebut dikarenakan setiap hari libur atau mudik, jalan utama dipastikan macet.

– Pesan tiket jauh-jauh hari

Jika perjalanan yang akan dilakukan menggunakan kendaraan umum, pesan tiket pergi-pulang jauh hari sebelum keberangkatan. Sehingga waktu berlibur anda benar-benar untuk berlibur tanpa pusing memikirkan tiket pulang yang belum terbeli.

– Tidur dimana?

Tentukan akan menginap dimana. Di tempat saudara atau penginapan di sekitar lokasi wisata. Jika memilih untuk tidur di penginapan, pesan jauh hari. Seringkali, penginapan sudah penuh memasuki musim liburan. Karena wisatawan biasanya memesan satu bulan hingga dua bulan sebelumnya. Tak jarang mereka menggunakan web Agoda untuk memesan, namun jika memiliki kenalan, bisa juga melalui kenalan tersebut. Semoga bisa lebih murah.

Baca Juga : Penginapan murah di Jogja, hemat dan serasa rumah sendiri lho

– Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, cek kondisi kendaraan yang akan digunakan. Apakah siap untuk perjalanan jauh? Periksa ban dan tekanan angin pada ban, performa rem, bahan bakar yang terisi penuh dan lain sebagainya.

– Buat Planning Acara atau Wisata

Buka Excel dan tuliskan rencana kunjungan wisata di kota tujuan. Lengkap dengan tanggal dan jam yang diperlukan. Atur waktu liburan yang singkat di daerah tujuan dengan cermat dan efisien. Hal ini berguna untuk memaksimalkan kesempatan yang anda miliki. Jangan sampai liburan menjadi sia-sia karena hanya habis di perjalanan.

Gunakan jasa pemandu wisata atau menentukan rencana wisata mandiri dengan mempertimbangkan jarak tempuh antar objek wisata. Dengan mengetahui jarak antar objek wisata, maka pemangkasan waktu dapat dilakukan. Misal, untuk Wisata ke Malioboro, Berbelanja di Pasar Beringharjo, Menikmati Suasana Benteng Vredenburg, Melihat Keraton Jogja, Nuansa Klasik di Taman Sari, dan Berkunjung di Museum dapat dilakukan dalam satu hari kunjungan. Sebab deretan lokasi wisata diatas sangat berdekatan.

Siapkan hal-hal tersebut diatas beberapa hari sebelum hari keberangkatan. Lakukan pengecekan terakhir pada hari-hari akhir sebelum keberangkatan. Sehingga jika ada yang terlewat, masih sempat untuk memenuhinya.

Baca Juga : 12 Tempat Gaul di Jogja yang bakal bikin liburanmu menyenangkan

– Pengelolaan Barang Bawaan

Atur barang yang hendak dibawa sedemikian rupa sehingga dapat dicabut dari luar. Artinya, kita tidak perlu membongkar dan mengeluarkan banyak barang untuk mengambil satu barang saja. Sekedar saran : gulung pakaian seperti menggulung lumpia. Kemudian masukkan ke dalam tas dengan posisi berdiri. Ketika membutuhkannya, tinggal menarik saja tanpa perlu membongkar pakaian yang lain.

Jika menggunakan kendaraan roda dua, pastikan tidak “pating crantil” atau terlalu banyak tas yang digantung di kendaraan. Karena jelas hal tersebut membuat tidak nyaman pengemudinya. Membahayakan banyak orang. Alih-alih berlibur di pantai, malah justru menghabiskan waktu di rumah sakit.

Setelah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk liburan, kita bisa santai dan tinggal menunggu hari yang dinanti. Selamat persiapan.

Baca Juga : Penginapan murah Backpacker di Jogja. Hemat budgeting banget