X
byjogjaminded

Museum Gunung Merapi

Ingin tahu tentang Gunung Merapi lebih banyak? Silakan datang di Museum Gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta. Di museum tersebut terdapat banyak sekali informasi tentang kegunung apian secara umum maupun Gunung Merapi secara khusus.

Fasilitas Museum Gunung Merapi yang beragam dan komplit. Diorama disajikan dengan cara yang mudah dibaca dan dipahami. Bahkan beberapa ditampilkan dengan cara yang sangat disukai oleh anak-anak.

Gambar Museum Gunung Merapi

Arsitektur Museum Gunung Merapi

Bangunan museum ini merepresentasikan bentuk gunung Merapi yang berdiri tepat di belakangnya. Didominasi garis miring atau kerucut dengan pintu masuk yang dicat warna merah. Bangunan ini memiliki segitiga putih di bagian paling atas sebagai miniatur puncak Garuda.

Manfaat Museum Gunung Merapi

Museum yang diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2009 oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Purnomo Yusgiantoro ini bisa menjadi sarana pendidikan, penyebarluasan informasi aspek kegunungapian serta kebencanaan geologi lain.

Museum ini bersifat rekreatif-edukatif, cocok untuk digunakan sebagai sarana belajar masyarakat karena dapat memberikan wawasan serta pemahaman tentang aspek ilmiah, sosial-budaya, yang berkaitan dengan gunung api dan sumber kebencanaan geologi lainnya.

baca juga : Bolu Susu Merapi, Kuliner Baru dan Murah di Jogja

Alamat Museum Gunung Merapi

Terletak di Jln. Boyong, Dusun Banteng, Desa Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta atau sekitar lima kilometer dari kawasan objek wisata Kaliurang. Museum ini dapat diakses dengan mudah, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat atau lebih.

Kami sertakan peta di bawah ini untuk dijadikan rujukan mencari lokasi Museum Gunung Merapi.

Museum Gunung Merapi buka jam berapa

Seperti yang terlihat pada gambar. Museum yang bersemboyan Merapi Jendela Bumi ini buka pada jam 08:00 hingga 15:30 pada hari Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu. Sedangkan untuk hari Jumat, museum buka pada 08:00 hingga 14:30.

Sementara untuk hari Senin dan hari Libur Nasional, museum ditutup.

Harga tiket masuk Museum Gunung Merapi

Harga tiket masuk museum saat video dibuat adalah Rp 5000 untuk wisatawan lokal dan Rp 10000 untuk wisatawan Mancanegara. Sedangkan tiket untuk nonton Bioskop adalah 5000 untuk wisatawan lokal dan Rp 10000 untuk wisatawan Mancanegara. Jika ingin berkeliling museum dan sekalian nonton Bioskop, maka akumulasikan saja harga tiketnya.

baca juga : Susu Kambing Etawa EGM : Dari Lereng Merapi, Manjur untuk banyak penyakit

Fasilitas Museum Gunung Merapi

Dilengkapi dengan taman-taman yang rindang yang dapat dijadikan tempat istirahat atau berdiskusi. Serta memiliki area parkir yang luas. Cukup untuk belasan bus pariwisata, mobil dan kendaraan roda dua.

Miniatur Gunung Merapi di Museum Gunung Merapi. Image by isigood.com

Museum yang berada di lereng Gunung Merapi ini memiliki satu miniatur Gunung Merapi. Fungsinya adalah sebagai simulasi letusan gunung berapi. Dapat mengeluarkan asap sebagai simbol letusan serta nyala merah sebagai presentasi muntahan magma yang keluar.

Selain miniatur gunung Merapi, banyak di museum tersebut diorama-diorama yang menampilkan “oleh-oleh” dari sang gunung aktif ini. Salah satunya adalah BOM GUNUNGAPI. Jadi material ini adalah magma pijar yang dilontarkan gunung saat ia meletus. Magma pijar itu melesat tinggi ke udara. Selama dalam perjalanan turun ke daratan, ia bergesekan dengan udara dan membentuk aerodinamis serta mengeras. Dapat dibayangkan dampak area yang menjadi tempat mendaratnya.

Salah satu diorama menampilkan berbagai jenis letusan gunung berapi yang ada di dunia. Salah satunya adalah Gunung Merapi yang ada di tanah Jawa. Ada juga satu tipe erupsi yang berharap tidak dilakukan oleh Merapi. Adalah tipe erupsi yang seperti di bawah ini.

Tipe seperti gambar di atas adalah salah satu tipe erupsi yang mengerikan. Bayangkan.

Selain diorama yang terkesan “serius”, Museum ini juga menyajikan diorama dengan karakter komik. Berisi edukasi bagaimana menyelamatkan diri saat terjadi letusan gunung berapi. Melalui pendekatan ini, anak-anak menjadi mau membaca karena pastilah menurut mereka lebih menarik. Sehingga ilmu dapat tersalurkan dengan baik.

Selain apa yang ditampilkan di sini, museum masih memiliki banyak fitur atau fasilitas. Salah satunya fasilitas Bioskop yang akan menayangkan dokumentasi saat terjadinya bencana Merapi. Diharapkan, penonton dapat belajar dari apa yang sudah ditampilkan pada layar.

Siapa yang melakukan peletakan pertama pembangunan Museum Gunung Merapi

Museum Gunungapi ini mulai dibangun 2005, ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Purnomo Yusgiantoro.

Dengan luas bangunan sekitar 4,470m yang berdiri di atas tanah seluas 3,5 hektare, Museum ini diharapkan bisa menjadi solusi alternatif sarana layanan informasi kegunung apian sebagai upaya mencerdaskan masyarakat.

Diharapkan dalam meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat tentang manfaat dan ancaman bahaya letusan gunungapi serta bencana geologi lainnya.

baca juga : Menyapa sang Mahaguru di Musium Gunung Merapi

sumber :
Wikipedia
Instagram Eastorion
Instagram WawanJogja

This article was last modified on August 22, 2018, 3:09 am

X