11 Oleh Oleh Khas Yogya Yang Paling Banyak Dicari

close

11 Oleh oleh khas Yogya yang paling banyak dicari

Halo sob, Liburan di Jogja nih? Jangan lupa lho buat ngebeliin saudara di kota asal oleh oleh khas Yogya. Jangan sampai mereka nanyak, “mana oleh oleh khas Yogya? katanya maen ke Yogya?”.
Belinya juga jangan sembarangan. Jangan sampai keliru. Masuk Pasar Beringharjo bukannya beli batik malah beli brambang bawang. Kan engga lucu. Bisa ditampol sama mbak pacar “kamu beneran ke Jogja engga siiiih”. Plaaakk!!

Ok deh sob,  demi keamanan dirimu, ikuti saran mimin disini. Dibawah ini adalah daftar oleh oleh khas Yogya yang paling banyak dicari. Urutan angka bukan berdasar paling banyak lho.

  1. Bakpia
oleh oleh khas yogya

Bakpia

Semua sudah tahu bakpia. Kacang hijau lembut diselimuti dengan adonan tepung dibentuk menyerupai ban. Dipanggang di oven kurang lebih 30 menit hingga matang. Betul begitu?

Aslinya sih, maksudnya originalnya sih, berisi kacang hijau. Namun seiring waktu berjalan, banyak tangan-tangan kreatif yang mengkombinasikan isi bakpia ini. Ada yang isi duren, isi ubi ungu, dan lain sebagainya. Bakpia itu sendiri terbagi dua. Bakpia kering dan bakpia basah. Bakpia basah tuh yang ada di gambar di atas. Dipegang empuk, digigit lembut, rasanya maknyus. Bakpia kering tuh mirip gambar diatas tapi lebih kering dan kalau digigit kalian harus jadi super saiya dulu. Engga dink, becanda.

Soal rasa, enakan mana? Bakpia kering apa bakpia basah?
Sukaan sih sob. Mimin paling suka bakpia basah. Apalagi kalau masih anget, barusan keluar dari ovennya. Masih panas-panas gitu, masukin kotak kemasannya, trus mimin bawa pulang. Makan dirumah. Beeuuhh. Nikmat Sagalanyaa.

Bakpia sepertinya menjadi default untuk oleh oleh khas Yogya yang wajib bin harus dibawa.

next

Yangko