One Day Trip ke Tempat Wisata di Jogja Terbaru paling Gress

close

Tempat Wisata di Jogja Terbaru

One Day Trip – Tempat wisata di Jogja ada sekian banyak dan beragam. Tidak akan habis kita telusuri satu persatu dalam satu hari. Sebut saja ada wisata alam, wisata kulinernya bermacam-macam, tempat wisata anak, taman air, desa wisata, goa, arung jeram, susur sungai, pantai di Gunung Kidul, air terjun dan masih banyak lagi yang belum disebutkan. Di sini akan kami tuliskan tempat wisata di Jogja terbaru yang perlu kamu masukkan dalam daftar wajib didatangi.

Sebelum menceritakan tempat wisata di Jogja terbaru yang akan kamu kunjungi bersama orang terkasih, sebaiknya perlu digaris bawahi bahwa tempat wisata di Yogya ini ada beberapa yang belum memiliki sarana dan prasarana memadai. Sehingga buat kamu yang ingin berkunjung ke sana, harap mempersiapkan segala kebutuhan dan bersiap akan semua kemungkinan yang terjadi.

Gimana? Sudah mantab? Oke lanjut.

Tempat wisata di Jogja terbaru pertama yang akan kami ceritakan adalah sebuah tempat wisata yang keren banget. Berada di Semin, Gunung Kidul. Masuk ke dalam daftar tempat wisata di Gunung Kidul yang perlu kamu kunjungi.

  1. Telaga Biru Semin Gunung Kidul

telaga biru semin gunung kidul

Cantik banget kan yak? Ngga pengin ke sini? Foto diambil di Ngadem.com. Pinjem ya sob

Seperti namanya, Telaga Biru Semin Gunung Kidul adalah sebuah telaga atau danau kecil yang airnya berwarna biru. Awalnya lokasi yang sekarang menjadi telaga ini adalah sebuah area penambangan batu kapur. Namun gradenya sekarang meningkat dan menjadi “bekas tambang”. Meski demikian, kegiatan penambangan terkadang masih dilakukan hingga kini. Rute menuju telaga biru Semin Gunung Kidul ini berliku-liku. Kamu siap untuk mengetahuinya?

Jalan menuju Telaga Biru Semin Gunung Kidul ini mudah diakses. Kamu cukup mengikuti jalan utama Jogja – Wonosari hingga kota Wonosari. Setelah mencapai Kantor Bupati Gunung Kidul atau Alun-alun Wonosari, kamu bisa belok kiri masuk Jalan Sumawi. Setelah itu lurus hingga pertigaan dan masuk ke jalan Pramuka. Setelah itu kamu masuk jalan Karangmojo – Wonosari.

Habiskan jalan Karangmojo – Wonosari alias mentok hingga bertemu simpang 3 (tiga) Karangmojo-Semanu dan Karangmojo-Semin. Kamu ambil jalan Karangmojo-Semin. Lurus saja hingga bertemu simpang 3 (tiga) jalan Raya Watusigar dan Jalan Wonosari-Semin. Jalan menuju Telaga Semin Gunung Kidul ini memang cukup panjang.

Ambil jalan Wonosari-Semin. Lurus saja hingga kamu bertemu simpang 3 (tiga) jalan Semin-Cawas dan jalan Semin-Watukelir. Silakan masuk ke jalan Semin-Watukelir dan lurus saja. Ada petunjuk jalan menuju Telaga Biru Semin Gunung Kidul. Bisa saja sih kamu masuk ke Jawa Tengah hingga bertemu stadiun Karangjoho dan masuk melalui jalan yang ada di dekatnya. Namun di titik ini, semua adalah keputusan kamu. Yang pasti, jarak kamu dan Telaga Biru Semin Gunung Kidul tidak jauh.

Tidak cukup jelas? Gunakan peta di bawah ini.

Tiket masuk menuju Telaga Biru Semin Gunung Kidul saat kami berkunjung belum ditetapkan nominal rupiahnya. Hanya saja ada biaya parkir kendaraan. Motor Rp 2000, sedangkan Mobil Rp 5000.

Tempat wisata di Jogja terbaru berikutnya yang akan kami ceritakan adalah tempat wisata berkaitan dengan pegunungan.

Baca juga : Pantai Jogan, Pantai berAir Terjun dengan Wahana Pemacu Adrenalin

2. Gunung Gambar Ngawen Gunung Kidul

Tempat wisata di Jogja terbaru gunung gambar ngawen gunung kidul

Pemandangan romantis di Gunung Gambar Ngawen Gunung Kidul. Foto by Wijaya Travel

Tempat wisata di Jogja terbaru yang satu ini masih sepi pengunjung. Padahal keindahan alam yang tersaji di sana sangat sayang untuk dilewatkan. Bahkan keindahan itu sudah terpampang nyata sebelum pengunjung sampai di lokasi. Berwisata di Gunung Gambar Ngawen Gunung Kidul ini tidak hanya berwisata alam pegunungan yang asri dan segar. Namun sekaligus bisa berwisata sejarah. Inilah keunikan berwisata di Gunung Gambar Ngawen.

Konon, Raden Mas Said yang merupakan putra Pangeran Arya Mangkunegara di Kraton Kartasura melakukan pertapaan di Gunung Gambar Gunung Kidul. Di tempat ini juga, beliau merumuskan strategi peperangan dalam menjalankan perjuangannya melawan VOC. Kisah tersebut diyakini warga menjadi bukti keistimewaan tempat wisata spritual Gunung Gambar ini.

gunung gambar ngawen gunung kidul

Kamu ngga pengin coba?

Jalan menuju Gunung Gambar Ngawen Gunung Kidul ini memerlukan perhatian ekstra. Terakhir admin bertandang kesana, permukaan jalan belum cukup bagus. Membutuhkan kemampuan mengemudi yang lebih baik karena kelokannya curam sementara jalan tidak rata. Jika kamu memutuskan ingin mengunjungi Gunung Gambar Gunung Kidul, harap berhati-hati. Stamina kendaraan diharapkan berada dalam kondisi terbaiknya begitu juga sang sopir. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat untuk mengakses tempat wisata di Jogja terbaru ini.

gunung gambar ngawen gunung kidul

Jarak yang cukup dekat, bisa kamu manfaatkan sebagai trip liburan satu hari

Lokasi Gunung Gambar Ngawen Gunung Kidul tidak terpaut jauh dengan tempat wisata di Jogja yang kami tulis sebelumnya, Telaga Biru Semin Gunung Kidul. Perhatikan saja gambar di atas. Cukup dekat bukan. Sementara, jalan menuju Gunung Gambar bisa kamu dapatkan melalui peta di bawah ini.

Jarak yang cukup dekat dari Telaga Biru Semin menuju Gunung Gambar Gunung Kidul dapat kamu manfaatkan sebagai one day trip bersama keluarga, teman atau orang terkasih. Menjadi trip liburan yang hemat, bukan?

Tempat wisata di Jogja terbaru berikutnya tidak jauh dari dua tempat yang sudah kami sebut diatas. Namun tempat wisata Jogja nomor 3 (tiga) ini bukan pegunungan atau telaga. Memang ada kaitannya dengan air, tapi bukan telaga. Tetapi, seperti yang kami tulis di bawah ini.

Baca Juga : Tempat Paling Asik untuk Liburan tahun baru di Jogja

3. Cave Tubing Kalisuci


Tidak seperti dua tempat wisata sebelumnya, Tempat wisata di Jogja yang satu ini menyajikan wisata petualangan sekaligus wisata air. Sebuah kombinasi yang menarik dan pastinya banyak diminati semua kalangan. Cave Tubing Kalisuci menawarkan pengalaman mengarungi sungai bawah tanah menggunakan ban pelampung. Bersiaplah akan jantung yang berdegub kencang karena petualangan sesungguhnya dimulai saat memasuki relung goa yang gulita.

Petualangan mengarungi sungai ini tentu saja dilakukan oleh operator yang telah berpengalaman dan dilakukan dengan standar pengamanan yang ketat. Karena meski apa yang dilakukan adalah sebuah kegiatan yang simple, “hanya mengarungi sungai dengan ban pelampung” namun resiko yang dihadapi tidaklah sederhana.

Biaya Cave Tubing Kalisuci ini tidak murah tapi terjangkau. Dengan Rp 70.000 pengunjung sudah mendapatkan Guide, Asuransi, Makan Minum, Peralatan Safety, dan Retribusi.

Jalan menuju Cave Tubing Kalisuci ini sangat mudah. Bahkan sebelum kamu menuju Gunung Gambar Ngawen dan Telaga Biru Semin, sesungguhnya tempat wisata di Jogja terbaru ini sudah dilewati. Sehingga tiga tempat wisata Gunung Kidul yang sudah kami sampaikan, bisa kamu rangkai sebagai satu perjalanan wisata dalam sehari.

jalan menuju cave tubing kalisuci jogja

Kamu tinggal menyusuri jalan utama Wonosari ( Jalan Nasional ) hingga menemukan simpang empat. Simpang 4 jalan Karangmojo – Semanu dan Jalan Raya Semanu – Candirejo. Dari perempatan ini kamu masuk ke jalan Raya Semanu – Candirejo. Ikuti saja jalan besar itu hingga menemukan jalan Kalisuci. Akan ada petunjuk jalan yang akan menuntun kamu. Mudah banget kan jalan menuju jalan menuju Cave Tubing Kalisuci Jogja.

Jika masih bingung, silakan gunakan peta di bawah ini.

Catatan : Cave Tubing Kalisuci Jogja ditutup apabila sebelumnya terjadi hujan dan debit air tinggi. Hubungi pengelola yang juga masyarakat setempat agar mendapat informasi. CP: 0877 3979 4513 | 0817 4122 826 | 0878 3974 0730 | Id Line : kalisucicavetubing.

Baca Juga : Progo Rafting Kenikmatan berarung Jeram sungai Progo

4. Jurang Tembelan Kanigoro Mangunan Imogiri

tempat wisata di jogja terbaru jurang tembelan jogja

Keren adalah kata yang tidak cukup untuk pemandangan seperti ini. Betul?               Gambar diambil dari Bentara.id

Jurang Tembelan Kanigoro adalah tempat wisata di Jogja terbaru yang berada di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Imogiri Bantul. Lokasi ini tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan yang selalu penuh saat sunrise. Terlebih untuk mereka yang suka berburu kabut. Di Jurang Tembelan Imogiri ini masih cukup sepi. Namun, bukan tidak mungkin jika tempat wisata di Bantul ini akan sangat cepat ramai dan terkenal.

Berfoto di gardu pandang berbentuk perahu seperti pada gambar diatas tidak dikenai biaya. Hanya saja memang pengunjung harus antri apabila sedang digunakan dan kami sarankan untuk mengisi kotak suka rela yang diletakkan di samping wahana tersebut. Uang yang terkumpul digunakan untuk menjaga agar wanaha tersebut tetap berdiri serta operasional lain-lain.

Jalan menuju Jurang Tembelan Kanigoro Jogja ini cukup mudah. Yang kamu lakukan hanyalah menuju Kebun Buah Mangunan saja. Selebihnya bisa mengikuti petunjuk yang sudah tersedia.

jalan menuju jurang tembelan kanigoro jogja

Jurang Tembelan Kanigoro dan Kebun Buah Mangunan serta Hutan Pinus cukup dekat. Cocok banget kan one day tripnya

Jika masih ragu dengan petunjuk-petunjuk yang tersedia banyak sekali di pinggir jalan, kamu bisa menggunakan peta yang kami sertakan di bawah ini. Monggo dipakai untuk menunjukkan jalan menuju tempat wisata terbaru di Jogja ini.

Lokasi Jurang Tembelan Kanigoro ini dekat dengan Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus sehingga sangat pas untuk disatukan menjadi one day trip saat liburan di Jogja kamu dan orang-orang terkasih.

5. Air Terjun Randusari Dlingo Bantul

air terjun randusari dlingo

air terjun randusari gembrojok banget

Air Terjun Randusari Dlingo Bantul ini terbilang baru sehingga sangat tepat dimasukkan dalam daftar tempat wisata di Jogja terbaru yang perlu kamu ketahui. Air terjun ini juga dekat dengan tempat wisata yang sudah kami sebutkan sebelumnya.

Jalan menuju air terjun Randusari ini mudah diakses. Namun tetap memiliki nilai tantangan bagi yang gemar petualangan. Hal tersebut dikarenakan lokasi tepatnya air terjun ini harus menuruni lembah yang mana perlu melewati sawah-sawah masyarakat. Kamu butuh alas kaki yang sesuai jika ingin mengunjungi tempat wisata di Dlingo Bantul ini. Hujan akan membuat debit air terjun meningkat yang mengakibatkan ia terlihat lebih bagus, namun sekaligus membuat medan jalan menuju air terjun menjadi lebih sulit karena becek.

Baca Juga : Air Terjun Randusari, Air terjun perawan Jogja