12 Tips Sewa Mobil Jogja Agar Liburanmu Mengesankan

close

Tips Sewa Mobil Jogja

Liburan, seperti yang kita ketahui, memiliki beberapa kunci untuk bisa dinikmati dengan nyaman. Memang semua berawal pada rencana liburan itu sendiri. Selalu kembali pada rencana liburannya. Jika memang berencana untuk berlibur ala backpacker, baiklah, kita tidak akan membicarakannya. Sebab, liburan ala backpacker jelas tidak membutuhkan hal-hal seperti tips sewa mobil. Jika masih membutuhkan tips sewa mobil, maka “backpacker’ yang dimaksud perlu untuk dipertanyakan.

Tapi jika liburanmu ala liburan Koper, bukan Ransel, maka besar kemungkinan dibutuhkan tips sewa mobil dibawah ini.

Yang pertama

  1. Siapkan Budget

Mau tidak mau, akan ada pos pengeluaran baru yang namanya adalah Transportasi. Betul begitu?. Tentu saja. Jika tidak, maka dengan dana mana akan dibiayai perkara “pulang pergi” ini. Pos ini harus mencakup kebutuhan transportasi selama di tempat tujuan wisata. Untuk kasus ini, kita ambil contoh tujuan wisata di Jogja. Setuju ya.

2. Jumlah Peserta liburan vs Jumlah Seat

Setelah menyiapkan budget, kita perlu menghitung kembali berapa personel yang ikut serta dalam liburan kali ini untuk menentukan mobil apa yang akan disewa. Pentingkah hal ini? Tergantung. Hal ini bergantung dengan siapa kita memperhitungkan hal ini. Silakan berkaca dengan kaca lemari yang lebar. Siapa yang berada diseberang sana. Seorang yang memiliki managemen baik ataukah seseorang yang mementingkan prestige belaka. Jika yang ada disana adalah sosok bermanagemen baik, tentu akan menghitung jumlah peserta liburan dan memilih kendaraan dengan jumlah seat yang sama dengan jumlah peserta.

3. Tentukan Pusat Rental Mobil Jogja

Tips sewa mobil nomor tiga. Setelah ketemu jumlah peserta dan menentukan mobil yang akan disewa, Maka tips rental mobil berikutnya adalah menentukan pusat rental mobil yang akan kita hubungi. Karena contoh tujuan wisata di Jogja, maka poin ini menjadi : tentukan pusat rental mobil di Jogja yang terpercaya. Bagaimana cara melihat sebuah rental mobil bisa dipercaya? Lihat testimoni yang ada di web tersebut.

Merasa tidak yakin dengan testimoni di web tersebut? kita masuk poin berikutnya saja.

4. Sewa mobil di Penginapan

Baiklah jika tidak percaya dengan testimoni yang tertera di website pusat rental mobil Jogja. Masih ada cara lain untuk mendapatkan mobil sewaan. Kita bisa menghubungi pihak penginapan untuk mencarikan mobil sewaan. Konsekuensinya, besar kemungkinan harga sewa mobil di Jogja akan naik beberapa persen. Misal saja, sewa mobil avanza Jogja berkisar 300 ribu, maka bisa jadi jika menyewa melalui tempat menginap akan menjadi 350 ribu dengan kriteria yang sama. Misal lho, jangan jadikan patokan.

5. Kerahkan Saudara

Biaya sewa mobil melalui tempat menginap terlalu mahal? Oke, kita pakai tips sewa mobil berikutnya. Kita gunakan cara lama. Minta bantuan saudara atau teman untuk membantu mencari mobil yang bisa disewa.

6. Cari Pusat Rental Mobil Jogja yang Murah

Bilang sama saudara atau temanmu untuk mencari tempat rental mobil yang murah. Lebih baik lagi jika sudah kenal dengan ownernya. Biasanya rental mobil di Jogja masih dikelola langsung oleh pemiliknya. Maka sangat mungkin untuk bisa mendapatkan diskon.

7. Pinjam Mobil Tetangga

Jika teman atau saudara tidak menemukan pusat rental mobil Jogja yang murah atau tidak punya kenalan owner rental mobil. Cobalah meminjam dari tetangga. Resikonya sama. Namun karena bersinggungan langsung dengan tetangga, maka jaga nama baik saudara atau teman kamu. Hanya itu syaratnya untuk bisa melakukan tips sewa mobil poin ke 7 ini. Perkara biaya, bisa dinego.

8. Pelajari Syarat Sewa Mobil

Tanyakan syarat sewa mobil kemudian pelajari dengan seksama. Perlu diperhatikan, bisa saja aturan rental mobil sama dengan tempat biasa kamu rental mobil. Namun bisa jadi syarat sewa mobil di Jogja yang kamu temui berbeda beberapa point dari kota asalmu. Intinya adalah, pelajari cara rental mobil dan syarat sewa mobil agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Misal, apakah harga sewa mobil sudah termasuk tiket masuk tempat wisata? Tanyakan.

9. Tentukan Sewa Sopir atau Tidak

Hal ini berkaitan dengan tempat tujuan wisata. Karena contoh kasus adalah wisata di Jogja, maka tanyakan diantara peserta liburan ada yang bisa nyupir dan tahu seluk beluk jalan di Jogja atau tidak. Jika ada, hal ini bisa menghemat anggaran. Jika tidak, maka memutuskan untuk menyewa mobil sekalian sopirnya akan lebih baik. Dengan harapan, ia akan membantu liburanmu dengan lebih maksimal. Konsekuensinya, kamu juga harus menyediakan makan untuk beliau. Sebenarnya hal ini bisa dinego sih. Tapi kadang hati nurani lebih condong ke arah “ngga enak hati” jika kita makan sedangkan dia tidak. Sebaiknya hal ini perlu dibicarakan terlebih dahulu. Itulah gunanya menanyakan syarat sewa mobil pada point 8 diatas.

10. Tanyakan karakter mobil

Mungkin bagi kamu yang sudah tahu karakter dan kemampuan mobil, maksudnya seperti satu liter bisa berapa kilometer dan sebagainya, maka tips rental mobil poin 10 ini bisa kamu lewati. Jika belum tahu, penting untuk kamu tanyakan. Jujur saja tanyakan, agar kamu bisa menghitung anggaran. Lebih baik untuk teliti dalam segala hal, bukan. Buat jaga-jaga.

11. Perhatikan Kondisi Mobil

Ini lumayan penting. Untuk berjaga dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Perhatikan body mobil dengan seksama. Amati ada tidaknya goresan. Jika ada, jepret dengan kameramu. Jangan sampai kelalaian ini dijadikan bahan untuk mengeruk isi dompetmu. Saran saja, sewa mobil sekalian dengan sopirnya. Jadi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semacam kena baret atau bagaimana, kita bisa lepas tangan. “Sopirmu sendiri yang bikin lecet” mungkin itu argumen yang bisa kita sampaikan kepada pemilik usaha penyewaan mobil.

12. Kesulitan sewa mobil, Hubungi kami

Jika kesulitan dalam menemukan rental mobil, hubungi kami. Hal tersebut sangat mudah dilakukan. Ambil ponsel dan masukkan nomor ponsel dibawah ini.

0815 7806 0065 

0274 7192 896

Selesai

tips rental mobil

Baca juga : 8 Hal yang perlu disiapkan untuk liburan panjang